Perjalanan Prestasi Timnas U 16 dalam Ajang Piala AFF 2018

6 Likes comments off
Prestasi Timnas U 16

Klub sepak bola yang ada di Indonesia memang tidak sebesar klub sepak bola yang ada di Eropa. Kendati demikian, Timnas Indonesia banyak menorehkan prestasi yang membanggakan, baik tim senior, U-22, U-17 U-16 dan tim lainnya. Belakangan ini banyak sorotan tentang prestasi Timnas U 16 dalam beberapa kali pertandingan yang pernah dilakukannya.

Bahkan Timnas Indonesia berhasil masuk dalam perempat final ajang kejuaraan Piala AFF dengan menduduki posisi sebagai juara grup. Alhasil peristiwa itu menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi dunia persepak bola-an Indonesia. Pasalnya ini merupakan sejarah baru setelah sekian lama Indonesia kembali dapat menempati posisi tertinggi dalam grup. Berikut beberapa prestasi yang diukir oleh Timnas Indonesia usia 16.

1. Unggul Saat Melawan Vietnam

Kejadian tersebut berlangsung pada 2 agustus tahun 2018 yang lalu. Pada saat itu Timnas Indonesia dan beberapa Timnas dari negara lain tengah memperebutkan trofi Piala AFF. Pertandingan yang berlangsung sangat sengit mempertemukan antara kesebelasan Indonesia melawan kesebelasan Vietnam yang berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia.

Tentu tidak langsung menang dengan mudah, pasalnya kesebelasan Indonesia yang dipelopori oleh Fakhri Husaini ini sempat tertinggal dari tim lawan. Serta ditambah saat detik-detik terakhir kehilangan satu pemain karena kartu merah sehingga hanya melanjutkan permainan dengan 10 pemain saja. Hal tersebut tidak membuat skuat Indonesia menjadi lemah justru hal itulah yang menjadi cambuk supaya prestasi Timnas U-16 semakin meningkat.

2. Unggul Saat Melawan Kamboja

Dalam pertandingan yang menyuguhkan dua kesebelasan yakni Indonesia melawan Kamboja dengan skor akhir 4-0 atas keunggulan Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemain bernama Bagus Kahfi yang telah menyumbangkan 3 gol untuk Indonesia. Tidak hanya itu, pemain dari kesebelasan Indonesia ini pun dapat mencatatkan namanya dalam top skor dengan posisi tertinggi melalui 11 gol yang telah dicetaknya.

3. Unggul Saat Melawan Myanmar

Tidak hanya bersinar saat melakukan pertandingan melawan Kamboja saja. Bagus Kahfi juga cukup bersinar saat melakoni peran striker di ajang yang mempertemukan Indonesia dengan Myanmar. Bahkan saat babak pertama pemain ini langsung melakukan serangan dengan berakhir 2 gol untuk Indonesia. Serangan Itu pun tidak mampu terbalas sampai pemain Zaw Win Thein melakukan tendangan penalti di akhir pertandingan. Dengan torehan skor prestasi Timnas U-16 2 dan 1 untuk Myanmar.

4. Unggul Saat Melawan Timor Leste

Pertandingan yang satu ini menjadi salah satu pertandingan yang cukup sengit dengan skor imbang sampai berakhirnya babak pertama. Pasalnya sang mantan presiden dari kubu lawan ikut menyaksikan pertandingan hingga membuat beberapa pemain Timor Leste lebih bersemangat karena mendapat dukungan dari mantan petinggi negaranya. Baru saat menjalani babak kedua, Bagus Kahfi dan kawan-kawan menunjukkan kualitasnya dengan torehan tiga gol tanpa balas sampai pertandingan berakhir.

5. Unggul Saat Melawan Filipina

Negara yang beribukotakan Manila ini menjadi lawan Indonesia saat bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Kali ini kesebelasan Indonesia tidak main-main karena skor yang diraih cukup fantastis, yakni 8-0 atas kemenangan Indonesia.

Dimana saat babak pertama terjadi 3 gol yang dilakukan oleh Supriyadi, Komang Teguh, dan Fajar Faturrahman. Sedangkan sisanya dilanjutkan pada babak kedua atas tendangan David Maulana, Sutan Zico, Rendy Juliansyah serta 2 gol disumbangkan oleh Bagus Kahfi.

Demikian ulasan mengenai perjalanan prestasi Timnas U 16 dalam ajang Piala AFF 2018. Dari berbagai pertandingan tersebut menunjukkan bahwa persepak bola-an Indonesia memiliki kualitas yang cukup bagus di Asia Tenggara.

 

READ  Pemain Bola Belanda Keturunan Indonesia Yang Berhasil

You might like

About the Author: Ryan Cantona