Profil Johan Cruyff: Sang Penemu Gaya Sepak Bola Modern

13 Likes comments off
Profil Johan Cruyff

Beberapa dasawarsa yang lalu, Total Football ala Tim Nasional Oranye Belanda benar-benar mencengangkan dunia. Pengamat pun bersuara, kalau strategi full menyerang tersebut dianggap cikal bakal gaya permainan sepak bola modern. Nah, jika berbicara tentang Total Football tentu tidak lepas dari profil Johan Cruyff.

Johan Cruyff dianggap memiliki kaitan erat dengan Total Football. Karena itu profil keseharian serta karirnya perlu diperkenalkan supaya jelas alasan si playmaker membangun strategi permainan Full Ofensif ini. Untuk itu, silahkan disimak profil Cruyff yang dimaksud:

Profil Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah legenda sepak bola Belanda yang lahir tanggal 25 April 1947 di Amsterdam. Cruyff kecil memiliki nama Hendrik Johannes Cruyff. Namun sejak menjadi pesepakbola baik ketika bermain di Ajax maupun bersama Barcelona kalangan media lebih suka menyebutnya Johan Cruyff.

Punggawa Tim Oranye ini sudah meninggal pada tanggal 24 Maret 2016 di usianya yang ke 68 tahun. Dia meninggal di Barcelona akibat serangan penyakit kanker yang cukup ganas. Walaupun demikian ayah dari Jordi Cruyff tersebut harus tetap dikenang sebagai maestro sepak bola.

Karier Sepak Bola Bersama Ajax Amsterdam

Profil Johan Cruyff yang berikutnya tentang karier di sepak bola. Menurut informasi yang beredar, Cruyff mengawali karier pertama bersama Ajax Amsterdam di usianya yang tidak sampai 10 tahun. Tepatnya pada tanggal 15 November 1964 ketika Ajax bertanding melawan Groningen.

Di laga tersebut, Ajax kalah 3-1 tetapi tidak bagi Cruyff, karena dialah yang mencetak satu-satunya gol untuk Ajax Amsterdam. Sejak saat itu Cruyff selalu menjadi pilihan utama hingga mampu mencetak 25 gol dari 23 penampilan di musim 1966/1967. Bahkan ia ikut andil memberikan gelar juara pada Ajax di tahun yang sama.

Karier Sepak Bola Bersama Barcelona

Di musim 1973/1974 Johan Cruyff bergabung dengan Barcelona di La Liga Spanyol. Ini adalah transfer yang penuh intrik karena musuh bebuyutan Real Madrid juga tertarik merekrutnya. Namun Cruyff lebih memilih El Barca karena merupakan klub yang diidamkan sejak kecil.

Selama membela Barcelona Johan Cruyff berhasil menyumbangkan gelar La Liga musim 73/74. Cruyff juga ikut memberikan gelar Piala Spanyol untuk EL Blaugrana. Ketika membela Barcelona juga Johan Cruyff berhasil mencetak 48 gol dari 143 caps yang dimainkan.

Johan Cruyff dan Total Football

Johan Cruyff dianggap penemu gaya bermain Total Football. Di dalam strategi ini, semua pemain berpotensi maju sampai ke kotak penalti lawan. Makanya, banyak tim terkejut dengan gaya bermain seperti ini yang awalnya pemain hanya bermain sesuai pos-nya masing-masing.

Keberadaan Johan Cruyff sebagai playmaker membuat taktik berjalan maksimal. Bahkan pada tahun 1974 Cruyff berhasil membawa Tim Nasional Belanda ke babak final Piala Dunia. Sayang di partai terakhir Johan Cruyff dan kawan-kawan takluk dari Jerman Barat dengan skor 2-1.

Setelah Johan Cruyff pensiun dari Tim Nasional Belanda, pakem permainan Total Football tetap dipertahankan. Bahkan setelah itu tim Belanda semakin trengginas apalagi sejak munculnya trio Frank Rijkaard, Rud Gullit dan Marco van Basten. Itu artinya, Cruyff adalah perintis sepak bola menyerang yang saat ini dijadikan pakem tim Belanda dan tim Eropa yang lain.

Demikianlah profil Johan Cruyff yang perlu diketahui oleh seluruh penikmat sepak bola. Tanpa eksplorasinya di tengah lapangan mungkin suporter tidak akan pernah menonton seorang center back mencetak gol ke gawang lawan. Oleh karena itu, sang legenda harus tetap diingat sekalipun orangnya sudah meninggal dunia.

 

READ  Gelandang Bertahan Terbaik Dunia Dengan Beragam Prestasi

You might like

About the Author: Ryan Cantona